Wednesday 8 January 2014

Traveling time: Liburan Murah ke Kuala Lumpur dan Singapura 6D5N [Part 2]

Rabu, 27 Maret 2013

Hari ketiga traveling, akhirnya kami menginjakkan kaki di tanah Singapura. Setelah melewati imigrasi yang begitu ketat di Woodsland, kami mencari pintu keluar dan mencari bus. Kami naik bus dengan rute terakhir Woodsland st. Tiket bus tanpa EZlink $ 1.1, kalo dirupiahin hampir 9000 untuk naik 1 jurusan bus.
Setibanya kami di Woodsland MRT station, kami menuju ke counter tiket untuk membeli EZlink, ternyata EZlink gak dijual di sembarang counter MRT. Akhirnya kami memakai tiket standar yang bisa dipakai hingga 6 kali. Beli tiket ini di mesin tiket yang disediakan. Cara pake mesin tiket di Singapura mudah, tinggal mencet stasiun tujuan dan berapa jumlah tiket yang ingin dibeli, masukkan uangnya, dan yaaap...keluar tiket dan uang kembaliannya. Tiket ini nanti tinggal ditap di pintu masuk dan di tap yang kedua di pintu keluar.

Yang perlu diperhatikan adalah warna jalur MRT, di stasiun mana kita interchange, di stasiun mana kita harus turun, dan di pintu exit mana kita harus keluar. Jangan sampai lupa terutama pintu exit, karena di setiap exit menuju area yang berbeda.
Lanjuuut...naik MRT dari Woodsland ke Lavender membutuhkan waktu 1 jam. Turun di Lavender st naik bus 133 ke eminent plaza, kemudian jalan 200 m menuju Green Kiwi hostel, hostel kami selama 3 hari.
First impression dari hostel ini, receptionist nya sangat ramah dan baik dan hostelnya sesuai dengan yang di website. Setelah check in dan bayar, kami mandi dan nitipin koper.  Kami harus sampai USS sebelum jam 12 siang untuk bertemu agent yang membawa tiket USS kami, So, kami benar-benar berburu dengan waktu karena kalo telat, agen tiket itu akan pergi ke tempat lain dan tiket gak sampe di tangan. Jam 11.00 kami keluar hotel menuju  Boon Keng MRT st yang menurut mbak nya adalah jalan tercepat ke Vivo City. Dan memang benar....
Universal Studio Singapore – Sentosa Island
Jam 11.30 kami sampai Vivo city. Vivo city merupakan mall yang gedhe banget...entah apa yang ada di dalamnya...Kami menuju lantai 3 untuk naik Sentosa express....Harga tiket sentosa Express mahal $ 3,5, kalau pun tidak buru-buru kami memilih lewat broadway walk dengan bayar $ 1. Turun di waterfront station kemudian mencari pintu masuk USS.
Sulit itu mencari orang yang kita tidak tau wajahnya di antara ribuan orang yang ada di pintu masuk USS. Kami menunggu di tempat yang dijanjikan, dan Alhamdulillah walaupun tidak berbekal HP, jam 11.50 kami bertemu dengan agent tiket itu. Rasanya bersyukur sekali...plong....akhirnya bisa masuk USS. Tak lupa kami membeli ponco di US Store dan mengambil peta. Siap menuju medan antrian....
Pemandangan Harbourfront dari Sentosa Express
Sentosa Express di Waterfront station
Area pertama yang kami kunjungi di USS, New York

1.      Transformer- area scifi
Aktraksi pertama yang kami ikuti, antri nya panjang beneeeeeer dan berkelok-kelok. Kami mengantri sekitar 1 jam. Menaiki mobil transformer dan nonton transformer 3D sangat menakjubkan, keren banget, film nya kayak didepan kita...gak rugi nunggu nya lama....wajib nonton deh...

Antrian Transformer di luar gedung
Suasana di dalam gedung Transformer, kami masih mengantri
2.    Canopy flyer – area lost world
Seperti kursi gantung trus kita berputar-putar mengelilingi taman...asik tapi kurang menantang..tujuan kami naik ini adalah mencari dimana pintu masuk Jurassic Park Rapid Adventure.
3.    Jurassic Park Rapid Adventure – area lost world
Antrinya lebih panjang dari Transformer. Di sini lah kita membutuhkan ponco atau mantol, karena kita akan bermain dengan air. Di permainan ini, kita akan naik perahu karet diajak berkeliling di sungai yang penuh dengan dinosaurus. Arus sungai semakin lama semakin deras dan kemudian ada air terjun nya...Byuuur kita basaaah....Seru banget naik ini...tapi klo melihat antri nya..cukup lah 1 kali..
Foto dulu di depan gerbang Jurassic Park, diatas ada rel canopy Flyer

4.    Sherk 4D adventure – area far far away
Ini film lebih ke anak-anak...cerita tentang Sherk menyelamatkan sang putri. Aktraksi ini ada di Kastil far far away. Film nya lucu dan karena ini 4D jadi ada air muncrat, trus kursi nya goyang, ada laba-laba nya....patut dilihat.

Pengen punya rumah kayak kastil begini
5.    Waterworld – area lost world
Sebuah show tentang peperangan. Show ini hanya 2 kali dalam sehari, kami memilih yang jam 15.30. Penontonnya sangat banyak, namun jangan kuatir karena tempat duduknya juga sangat banyak. Jika ingin basah-basahan, silakan duduk di paling depan, tapi kalau saya duduk di belakang aja yang penting menikmati.

Salah satu adegan di Water World
6.    Revenge of Mummy – area ancient Egypt
Sebelum menaiki wahana ini, simpan tas dan barang-barang di loker yang sudah disediakan dengan gratis untuk 45 menit pertama. Wahana ini adalah roller coaster dalam ruangan yang ceritanya kita berada di gua gelap gulita kemudian kita diajak naik turun, maju dan mundur dengan kecepatan tinggi...Yang membuat tegang adalah..kami gak tau hal apa yang terjadi setelahnya....itu bikin surprise.. wahana ini wajib dicoba, antriannya juga tidak terlalu panjang.

Pintu masuknya dijaga kesat sama 2 pengawal rajaa...
7.    Battlestar galactica: Human & Cyclone – area Scifi
Ini dia roller coaster outdoor yang paling ditunggu-tunggu. Kami meletakkan dia diurutan terakhir agar kalo pusing atau mual, kami sudah merasakan semua wahana USS yang ada. Antrian roller coaster ini tidak banyak. Bisa berkali-kali main kalo kuat.  Roller coaster red track (human) masih lumayan, rel nya dibawah kaki kita, tapi kalo yang blue track (cyclone) mesinnya ada di atas kepala dan kaki kita menggantung, dan dibeberapa tempat kami diputar balik kan...Seru abis wahana ini..bikin deg-degan dan nagih banget sampai di Jogja..
Roller coaster yang seram...bisa saling tumbukan
8.    Enchanted airways –area far-far away
Ini roller coaster mini, cocok untuk anak-anak. Lumayan buat pendinginan.
9.    Madagascar : a crate Adventure
Wahana ini seperti dunia boneka di Ancol, dengan tampilan yang lebih atraktif. Naik perahu nya asik namun membosankan.

Pintu masuk Madagascar A Crate Adventure
Hanya 9 wahana yang kita mainkan..ada 2 wahana yaitu Light, Camera, Action dan Monster rock yang belum sempat kami nikmati karena sudah keburu jam 19.00, berarti USS sudah mau tutup. Foto-foto di USS itu penting karena banyak site foto yang bagus dan jangan lupa foto dengan karakter-karakter Hollywood. Bagi muslim, di USS disediakan tempat solat yang berada di belakang Roller coaster Battlestar Galactica dan untuk makanan halal disediakan di marty’s casa del wild food court area Madagascar, oasis spice cafĂ© area ancient Egypt, dan food court di area far far away. Untuk air minum, di USS disediakan banyak keran air minum, jadi bawalah botol untuk diisi ulang.
Jam 19.00 kami keluar dari USS, rencana awalnya kami akan ke Siloso beach dan daerah Imbian, tapi karena sudah malam, akhirnya kami putuskan ke Chinatown untuk beli souvenir. Di 7/11 USS kami membeli EZlink seharga SGD 10 dimana harga kartu SGD 5 dan saldo SGD 5. Dari USS kami naik sentosa express menuju ke vivo city.
Chinatown
Dari Vivo city, kami menggunakan MRT jalur ungu ke Chinatown MRT. Keluar dari pintu MRT, suasana belanja mulai terasa. Banyak toko yang menawarkan souvenir dengan promo $ 10 for 3 atau 4...Namun, jangan lengah dulu, karena di toko yang lebih pedalaman ada yang memberi penawaran gantungan kunci $ 10/6 renteng, kaos bertanda singapura $10/4 buah, tas tangan $10/3 dan masih banyak lagi. Menurut saya, barang di Chinatown lebih murah dan lebih berkualitas daripada di Bugis street atau di Mustafa Center.
Setelah belanja banyak, sekarang mencari makan, ada restoran india di daerah Chinatown, yaitu di mosque street depan masjid Jami’.