Thursday 4 April 2019

Jalan-Jalan ke Jepang 2018 (Itinerary-END)

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh...

Hari Rabu, 4 Juli 2018
Hari ini adalah hari terakhir di Jepang. Kami tiba di terminal bus Shinjuku st. jam 06.00, ganti-ganti baju dulu dan segera mengambil kereta Yamanote line ke Nippori. Saat itu sudah mulai rush hour, orang Jepang jalannya cepat-cepat ditambah kami bawa koper gede-gede naik kereta, rempong sekali.

Dari Shinjuku ke Nippori, kami butuh waktu 1 jam karena harus mencari jalur kereta dan geret koper. Nippori st merupakan transit hub untuk kereta Keisei Skyliner. Kami berangkat ke Narita pukul 07.25 dan sampai di Narita jam 8 lebih sedikit. Di samping area kedatangan kereta, tepat nya di deket konter JR East, terdapat mesin refund SUICA CARD, sehingga untuk refund kami tidak perlu antri. Di mesin warna hijau itu, kami memasukkan SUICA CARD, mesin kemudian menghitung balance di tampah deposit fee 500 yen kemudian dikurangi processing fee 220 yen, itu lah uang yang dikembalikan. Dari basement terminal 2 kami naik ke lantai 3 sebagai departure area.

Pesawat take off jam 11.30, berarti jam 10.30 harus sudah masuk ruang tunggu bandara, namun jam 08.30 kami masih harus mengantri check in bagasi yang mengular dan kami belum makan apapun. Kami hanya berdoa semoga tidak ketinggalan naik pesawat. Untungnya Air Asia membuka banyak konter check in sehingga proses ini berjalan cepat. Kira-kira pukul 9.30 bagasi sudah masuk. Saat nya kami cari makan dan cari oleh-oleh dan menghabiskan uang yen receh yang tersisa. Tujuan kami tertuju pada gerai 7/11, kami membeli makan dan oleh-oleh habis 3000 yen dan hampir semua uang yang kita bayar adalah receh. Walaupun begitu, mbak kasir tidak sebel menerimanya, mereka menghitung dan bahkan masih memberikan kembalian. Selain 7/11, banyak terdapat gerai oleh-oleh yang menjual pablo, banana cake, glico dan lain-lain.

Jam 10.30 kami baru masuk ke imigrasi. Alhamdulillah imigrasi lancar dan cepat. Kami segera menuju gate ke berangkatan dan tidak berapa lama, kami dipanggil untuk boarding. Jam 11.30 Alhamdullah pesawat take off tepat waktu dan sampai CGK Jakarta jam 17.00.

Setelah landing di Jakarta, kami melanjutkan perjalanan Jogja dengan Air Asia jam 20.50 dan sampai di Jogja jam 10.00. Alhamdullah kami sudah dijemput keluarga dan siap bobok manis di rumah.

Perjalanan 8 hari di Jepang sungguh menyenangkan dan banyak hal-hal baru yang kami temui.

Pengeluaran
Total pengeluaran kami selama 8 hari di Jepang, termasuk tiket pesawat all in pp jogja-tokyo, akomodasi 4 malam, biaya makan, biaya transportasi dalam kota dan wahana, dan tiket bus antar kota, namun tidak termasuk biaya pengurusan epassport dan oleh-oleh adalah sebagai berikut:

Untuk rincian pengeluaran bisa dilihat pada halaman lain.