Monday 6 January 2014

Traveling Time: Liburan Murah ke Kuala Lumpur dan Singapura 6D5N [part 4]

Jumat, 29 Maret 2013
Hari terakhir kami di Singapura. Hari ini kami akan mengunjungi St. Andrew Cathedral, Statue of Raffles, Orchard road, Singapore Botanic Garden, dan Mustafa Centre.

Pagi ini kami mulai dengan membeli tiket Singapore – KL di Golden Coach Express, Key Point 1st level, jalan Sultan. Banyak pilihan moda transportasi antara Singapore dan KL. Salah satu nya adalah bus. Sebenarnya, kami merencanakan untuk naik bus lokal SMRT hingga Johor baru ( biaya $ 2) kemudian membeli tiket bus Johor Baru-KL yang beli murah dan dihargai dengan ringgit. Namun, karena saat itu masa liburan, sehingga kami memilih membeli tiket bus dari Singapore. Harga yang dipatok antara $ 28-55 tergantung tipe bus dan fasilitasnya. Kami memilih harga yang paling murah $ 28 di Golden Coach Express. Untuk penawaran jenis bus dari Singapore – KL bisa dilihat disini.

Di tengah perjalanan kami bertemu 2 ibu paruh baya asal Surabaya yang seneng banget ngeliat kami berdua. Mereka juga mau membeli tiket Singapore – KL, kami ajak mereka untuk beli bareng. Hebatnya mereka berdua tanpa ada pendamping dan mungkin dengan bahasa Inggris terbatas berani jalan-jalan ke luar negeri. Salut buat mereka.

St. Andrew Cathedral
Kami melanjutkan perjalanan ke St. Andrew Cathedral di daerah City Hall naik bus 961 dari Halte Sultan Plaza dan turun di samping cathedral.
Katedral ini merupakan Landmark Singapore besar banget..Kalo diliat dari bangunannya kayak peninggalan Inggris gitu.Kami gak sempet masuk ke dalam karena pas itu sedang ada misa. Jadi cuman foto-foto narsis di depan catedralnya.

Espanade Park
Sebelah kiri dari St. Andrew Cathedral ada taman yang cukup luas yaitu esplanade park. Jalannya agak jauh sih dan panas banget, nglewatin alun-alun juga. Di alun-alun ini ada yang jualan es krim Singapore yang terkenal itu. Satu slice es krim dengan wrap roti tawar atau wafer di hargai $1 - $1.2. Makan es krim di bawah rimbunnya pepohonan Esplanade park itu nikmat banget...seger baget...nagih banget...Andai ada yang jual ice krim 1 dolaran di Yogya...

Dari esplanade park, kami ngikuti jalan untuk mencari tempat statue of raffles. Sampai lah kami di sebuah monument....kami pikir statue of raffles nya masih jauh jadi kami putuskan untuk gak ke sana. Kami melewati jembatan yang di belakang the Fullerton hotel. Si samping jembatan itu ada patung perunggu...

Abis foto-foto, hujan turun lumayan deras, kami berteduh di basement maybank hampir 20 menitan, sambil mikir kita mw kemana dulu SBG atau orchard. Karena takut kehujanan pas di SGB akhirnya kami memutuskan untuk ke Orchard rd dulu. Kami mencari  stasiun MRT terdekat, dan dengan berbekal peta  kami menemukan MRT Raffles Place yang tersembunyi.

Orchard Road
Orchard rd terkenal dengan surga belanja dan itu memang benar keluar dari pintu MRT udah berada di dalam ION Orchard. Di jalan ini banyak mall yang menjual brand-brand terkenal Prada, Gucci, Luois Vuition, dll...saya gak berani masuk sana...gak sesuai banget dengan dompet backpacker. Kami pun cuman jalan-jalan di trotoar nya orchard road yang luas....enak untuk jalan santai...Setelah puas berkeliling Orchard rd kami mampir lucky plaza untuk makan siang...

Singapore Botanic Garden (SBG)
Perjalanan kami lanjutkan ke Singapore Botanic Garden (SBG). Dari orchard kami naik MRT ke Sommerset trus naik bus no 7, atau 77 ke SGB. Sampai di SGB awan hitam sudah menggantung di atas kepala. Mau hujan nih pikir kami, tapi kami juga nekat masuk SBG. SBG itu mirip Kebun Raya Bogor cuman di sini tanamannya lebih beragam dan lebih rapi penataannya. Ada swan lake yang ada banyak angsanya....

Di tengah jalan, hujan turun deras ditambah petir yang membahana, untungnya ada pondokkan kecil yang bisa untuk berteduh. Lumayan lama kami berteduh sekitar 1 jam. Setelah hujan reda, kami melanjutkan ke Orchid Garden yang isinya ratusan jenis Anggrek dari seluruh dunia. Sayangnya untuk masuk ke Orchid Garden harus bayar $ 5. Karena eman duit, kami cuman foto-foto di depan.

Mustafa Center
Walaupun tadi kehujanan, tidak menyurutkan semangat kami untuk beli oleh-oleh di Mustafa center.
Dari SBG, naik bus no. 7 turun di lucky plaza, orchard rd lanjut naik bus no. 65 turun di depan masjid Anguila. Kami sholat dulu di masjid itu, kemudian menuju Mustafa center. Mustafa center luasnya hampir 1 blok, barang-barang yang dijual lengkap banget. Di sana kami beli coklat untuk oleh-oleh. Banyak sekali jenis coklat yang ditawarkan dan harganya lumayan miring. Yang gila coklat bisa puas belanja di sini.

Setelah borong coklat, kami pulang ke hostel untuk mandi dan angkat koper dari hostel. Jam 22.00 malam kami naik bus ke Keypoint. Kami berangkat ke KL jam 00.30 naik bus Golden Coach. Setelah 4 jam perjalanan dan melewati 2 imigrasi, kami diturunkan di depan Berjaya Time Square Bukit Bintang. Kaget juga sih karena kami pikir diturunkan di KL sentral. Dengan membawa 6 tas kami nekat nunggu monorail beroperasi jam 6.00 pagi.