Tuesday 10 March 2015

Membuka Tabungan di Bank Syariah


Tidak terlintas dalam benak saya sebelum nya untuk membuka tabungan di bank Syariah. 
Sebenarnya, saya malas untuk berganti bank dan harus mengurus ini itu yang ribet. Suatu ketika saya mendengar bahwa bunga bank itu termasuk riba yang dilarang oleh agama…..sudah sering dengar sih tapi sering mengacuhkan juga…saya pikir gak besar juga kok bunga nya. Bunga bank juga hanya untuk kompensasi inflasi.

Namun….sentilan yang terakhir itu menggugah hati kecil saya untuk mengeksplore lebih jauh tentang perbankan syariah.

Saat ini perbankan syariah banyak jenis dan macamnya. Prinsip bank syariah hanya 2, wadiah atau mudharobah.

Wadiah dalam arti lain titipan sehingga Bank tidak memberikan bagi hasil dan tidak berhak mengambil biaya administrasi dari prinsip ini. Keuntungan dari wadiah ini adalah nasabah mendapatkan bonus bulanan sesuai keuntungan bank tersebut.

Mudharobah berarti bagi hasil. Lha….kalau begitu apa bedanya dengan investasi di bank konvensional??

Pastinya beda…tabungan dengan prinsip mudharobah, bank berhak untuk membebankan biaya administrasi dan berhak untuk memutar uang yang kita investasikan. Karena kita investasi, kita berhak mendapat bagi hasil. Bagi hasil ini berbeda dengan bunga…Jika bunga itu bilangannya fixed, sedangkan bagi hasil, kita mendapat membagian keuntungan sesuai dengan proporsi yang ada, misalnya proporsi keuntungan nasabah 30 % dan bank 70 %. Bagi hasil ini sangat ditentukan oleh keuntungan yang diperoleh bank setiap bulannya. Jadi bagi hasil yang kita dapatkan akan berubah-ubah, kadang banyak kadang sedikit, tapi tak pernah negatif.

Setelah menimbang Bank Syariah yang benefit maka tanggal 3 Maret 2015, saya memutuskan untuk mengunjungi Bank Syariah Mandiri (BSM), di Jalan HOS Cokroaminoto depan SMA N 1 Yogyakarta.
Terdapat berbagai macam produk BSM ini. Saya memilih produk tabungan BSM. Tabungan BSM ini berprinsip mudharabah muthlaqah. Ada juga tabungan dengan prinsip wadiah yaitu Tabungan BSM Simpatik. Kedua jenis tabungan ini dapat diambil setiap saat dan mudah diambil karena dilengkapi dengan ATM. Syarat pembukaan tabungan pun cukup mudah hanya perlu KTP

Perbedaan Tabungan BSM dan BSM Simpatik

Tabungan BSM
Tabungan BSM simpatik
Pembukaan rekening
80.000
20.000 (tanpa ATM)
30.000 (dengan ATM)
Minimum setoran
10.000
10,000
Penutupan rekening
20.000
10,000
Biaya bulanan
7000
2000 (tanpa ATM) à sesuai bonus tidak memotong pokok
4500 (dengan ATM)
Fasilitas
ATM, mobile banking, net banking
ATM, mobile banking, net banking
Bagi hasil
Nasabah : bank = 27 : 73
Bonus bulanan


1 comment:

  1. Selamat Siang,
    Salam sukses untuk anda.
    Perkenalkan nama saya Arya sebagai Business Development dari ForexMart.
    Saya sangat tertarik dengan artikel artikel anda di web ini, sangat informatif dan menarik. maka dari itu pada kesempatan yang baik ini saya ingin memberikan penawaran pada anda mengenai kerja sama Program Afiliasi dari ForexMart secara gratis yang dapat menguntungkan anda dan web anda.
    Untuk mengetahui tentang kami ForexMart, anda bisa liat di https://www.forexmart.com/id/
    Boleh saya minta contact email/handphone anda yang dapat saya hubungi?
    untuk menjelaskan keuntungan, program, dan membantu anda lebih lanjut mengenai afiliasi ini. Atau anda bisa menghubungi saya di email arya@forexmart.com . Terima Kasih.

    ReplyDelete

Jalan-Jalan ke Jepang 2018 (Itinerary-END)

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh... Hari Rabu, 4 Juli 2018 Hari ini adalah hari terakhir di Jepang. Kami tiba di terminal bus S...