Sunday 24 November 2013

Cara Membuat Direct Link Download dari Google Drive

Halo-halo.....
Lagi seneng-senengnya posting nih...Saya akan share tentang cara membuat link di Blog agar pembaca postingan langsung dapat mendownload file yang kita upload. Jujur, ketika pertama kali upload file saya kesulitan untuk membuatnya, walaupun saya sudah mbuka postingan suhu-suhu blogger.
Saya mulai saja ya...
1.      Untuk dapat mengupload file, kita harus punya simpenan file itu di internet. Tempat penyimpanan file di internet banyaak jenisnya seperti  4share,google drive, dll. Untuk saat ini, yang paling mudah dan yang saya bisa adalah google drive. Buka link google drive. Akan tampak tampilan seperti ini. 

2.   Klik “buka google drive”.  Akan muncul account google. Isi email dan password sesuai dengan accoount gmail. Atau bagi yang belum punya account gmail, klik “create an account”.
Mengisi email dan password
Membuat account baru
3.    Setelah mengisi email dan password, klik sign in. Akan muncul tampilan seperti ini.  Klik tanda “Upload”. Pilih file yang akan dimasukkan atau buat folder baru. Tunggu hingga proses upload selesai.
Tab upload warna merah dibawah tulisan google drive
4.     Klik kanan file yang akan kita upload, pilih “share”.  Klik “change” pada kolom “who has access”. Pada bagian “sharing settings”, klik “public on the web” agar bisa diakses oleh orang lain. Klik “save”.
Klik kanan --> share
Menu who has access
Pilih public on the web

5.     Klik kanan pada file yang dipilih. Klik “open with” à buka dengan google drive viewer. Klik tab File à download. Saat page loading, klik tab “STOP” sehingga tampak URL untuk mendownload. Copy  URL tersebut.
Klik kanan --> open with --> google drive
File --> download
stop loading page, sehingga tampak URL download

6.    Buka blog. Buat entry atau  postingan  baru. Tulis kata yang akan dibuat link, misalnya klik link “berikut”. Pada kata “berikut” klik tab Link. Akan muncul tampilan Edit Link  seperti yang dibawah ini. Pada kolom  web address, masukkan URL yang sudah dicopy. Klik pada kotak “open this link in a new window”. Klik Ok.
Entry atau postingan baru
Edit link
Membuat link selesai

7.    Klik “published” pada blog. Untuk mengecek apakah link tadi benar, lihat blog kemudian klik tulisan yang sudah dilink. Jika berhasil, google langsung mendownload file yang diupload.

MUDAH BUKAN CARA MEMBUAT LINK DOWNLOAD DARI GOOGLE DRIVE??
SELAMAT MENCOBA...
JANGAN MENYERAH YA....



1 comment:

  1. makasih banyak buat infonya,, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete

Jalan-Jalan ke Jepang 2018 (Itinerary-END)

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh... Hari Rabu, 4 Juli 2018 Hari ini adalah hari terakhir di Jepang. Kami tiba di terminal bus S...